LAPORAN GELADI UNIVERSITAS TELKOM

by 05.03 0 komentar





LAPORAN GELADI
PT. TELKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk
KANDATEL JAKARTA BARAT
BAGIAN GENERAL SUPPORT
SUB-BAGIAN LOGISTIK DAN ASSET



Di susun oleh

Winda Kristihansari 113071066
Irene Nanda Sari 113071123

Dosen Pembimbing :
Agus Virgono

Pembimbing Lapangan :
Sunarko



Departemen Teknik Informatika
Institut Teknologi Telkom Bandung
2009
ABSTRAK
Geladi adalah suatu kegiatan yang merupakan latihan yang dirancang untuk menciptakan suatu pengalaman kerja tertentu bagi mahasiswa IT Telkom, yang dilakukan dalam suasana belajar. Dengan melaksanakan geladi, mahasiswa dilatih untuk mengenal dan menghayati ruang lingkup pekerjaan di lapangan, belajar mengadaptasi diri dengan lingkungan guna melengkapi proses belajar yang didapat di bangku kuliah.
Geladi ini kami laksanakan di PT. Telkom Kandatel Jakarta Barat, bagian General Support (GS), sub-bagian Logistik dan Asset. Dalam geladi ini, kami mendapatkan tugas untuk membantu para karyawan dalam membuat sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan. Aplikasi ini berisi tentang data-data yang berhubungan dengan pengadaan yang dilakukan oleh bagian logistik dan asset.


I. PENDAHULUAN
Pada pelaksanaan geladi ini, kami ditempatkan pada bagian General Support (GS) di PT. Telkom Kandatel Jakarta Barat. Bagian General Support adalah bagian yang menangani seluruh pengadaan barang yang berhubungan baik di dalam maupun di luar PT. Telkom Kandatel Jakarta Barat itu sendiri. Penempatan kami dibagian ini mendorong kami untuk mengenal dan mempelajari sepintas manajemen asset dan logistik serta pelaksanaan pengadaan.
Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian atas pemanfaatan sumber daya perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan
Asset adalah kekayaan perusahaan yang dipergunakan untuk menjalankan operasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Logistik adalah segala aspek yang menyangkut atas berkenaan dengan peralatan atau perlengkapan dalam bentuk perangkat keras atau lunak yang terdiri atas barang/jasa untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan.
Pengadaan dapat dilakukan dengan 3 metode yaitu pelelangan, pemilihan langsung dan penunjukan langsung.
Setelah mempelajari materi tersebut, barulah kami mendapatkan gambaran singkat tentang asset dan logistik. Kemudian, kami diberikan sebuah tugas membuat Aplikasi Sistem Portal Manajemen Pengadaan.
Aplikasi ini bertujuan untuk membantu penyusunan data-data proses pengadaan yang telah atau sedang dilaksanakan.
1.1 LATAR BELAKANG
1.1.1 Gambaran Ringkas PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

a. LOGO




Bentuk bulatan dari logo melambangkan :
Keutuhan Wawasan Nusantara; Ruang gerak TELKOM secara nasional dan internasional; TELKOM yang mantap, modern, luwes, dan sederhana.

Warna biru tua dan biru muda bergradasi melambangkan :
Teknologi telekomunikasi tinggi / canggih yang terus berkembang dalam suasana masa depan yang gemilang.

Garis-garis tebal dan tipis :
Mengesankan gerak pertemuan yang beraturan menggambarkan sifat komunikasi dan kerjasama yang selaras secara berkesinambungan dan dinamis.
Tulisan INDONESIA dengan huruf Futura Bold Italic, menggambarkan :
Kedudukan perusahaan TELKOM sebagai Pandu Bendera Telekomunikasi Indonesia (Indonesian Telecommunication Flag Carrier).

b. KREDO


Kami selalu fokus kepada pelanggan.
Kami selalu memberikan pelayanan yang prima dan mutu produk yang tinggi serta harga yg kompetitif.
Kami selalu melaksanakan segala sesuatu melalui cara-cara yang terbaik (Best Practices).
Kami selalu menghargai karyawan yang proaktif dan inovatif, dalam peningkatan produktivitas dan kontribusi kerja.
Kami selalu berusaha menjadi yang terbaik.

1.2 Permasalahan
Geladi ini kami laksanakan di PT. Telkom, Kandatel Jakarta Barat. Dalam pelaksanaannya kami ditempatkan di bagian yang ada di Kandatel Jakarta Barat yaitu bagian General Support (GS), sub-bagian Logistik dan Asset. Selama menjalani kegiatan geladi kami menemukan beberapa permasalahan yang cukup berpengaruh pada proses pelaksanaan geladi. Beberapa permasalahan utama yang kami hadapi antara lain :
• Penempatan geladi yang kurang sesuai dengan bidang keahlian. Dalam arti, di bidang GS ini sebelumnya kami tidak mengerti apapun tentang logistik dan asset. Sehingga dibutuhkan pembelajaran singkat terlebih dahulu untuk mengerti tentang apa bagian GS ini. Namun, itu tidak menghalangi kami untuk belajar hal baru dan menambah pengetahuan kami tentang dunia kerja, terlebih khusus di bagian General Support (GS).
• Tidak tersedianya fasilitas yang dibutuhkan. Komputer dan ruangan untuk mengerjakan setiap tugas yang diberikan (membuat aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan), sehingga kami harus membawa laptop milik pribadi, dan harus berpindah tempat beberapa kali.
• Spesifikasi tugas yang kurang sesuai dengan matakuliah yang baru kami dapatkan, sehingga diperlukan bantuan dari alumni, atau diskusi dengan teman, untuk membantu memecahkan permasalahan yang kami hadapi.

II. TINJAUAN TEORI
Geladi adalah suatu kegiatan yang merupakan latihan yang dirancang untuk menciptakan suatu pengalaman kerja tertentu bagi mahasiswa IT Telkom, yang dilakukan dalam suasana belajar. Dengan melaksanakan geladi, mahasiswa dilatih untuk mengenal dan menghayati ruang lingkup pekerjaan di lapangan, belajar mengadaptasi diri dengan lingkungan guna melengkapi proses belajar yang didapat di bangku kuliah.

III. PELAKSANAAN GELADI
3.1 General Support
3.1.1 Rencana Kegiatan
Membuat aplikasi Sistem Informasi Manajamen Pengadaan.
• Membuat tabel database, lengkap dengan atributnya. Ada dua tabel, yaitu tabel “admin” dan tabel “tabel”.
• Membuat tampilan aplikasi [home, admin, search, show, dan about us]
• Membuat form admin, insert, update, delete, search tabel, dan about us.
• Membuat fungsi submit insert, update, delete, search, dan connectivity.
• Melakukan pengujian fungsi.
• Melakukan insert dan update data.

3.1.2. Pelaksanaan
Dalam mengerjakan Sistem Informasi Manajemen Pengadaan, kami menggunakan tools [alat bantu] yaitu xampp 1.6.8 [php : 5.2.6], sebagai databasenya [mysql / phpmyadmin] dan dreamweaver 8 sebagai membuat script phpnya, dan juga tampilannya [interface].
Kami mengerjakan semuanya dalam waktu kurang lebih satu bulan. Pertama-tama kami membuat databasenya. Database yang kami buat terdiri dari 2 tabel, yaitu tabel ”admin”, yang berisi 2 atribut: username dan password dari admin yang akan menggunkan aplikasi ini, dan tabel ”tabel” yang terdiri dari 66 atribut, yang akan diisi dengan data pengadaan yang dilakukan oleh bagian GS.
Selanjutnya, kami membuat tampilan [user interface], kemudian membuat form-form yang dibutuhkan seperti form admin, insert, update, delete, dan search tabel. Setelah itu, kami membuat fungsi-fungsi yang berhubungan dengan requirement [kebutuhan] dari aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan tersebut.
Terakhir, kami menghubungkan antara database dengan fungsi-fungsi yang ada. Selain itu, kami juga membuat hubungan antar halaman dalam aplikasi.
Sesudah aplikasi siap pakai, kami melakukan input data ke dalam database yang sudah ada. Ada 83 baris data yang harus diinput.
Pada hari yang sudah ditentukan oleh pembimbing lapangan, kami melakukan presentasi kepada pembimbing lapangan dan juga kepada para admin yang akan menggunakan aplikasi ini.
Hasil dari presentasi yang kami lakukan, ternyata aplikasi yang sudah kami buat masih banyak memiliki kekurangan, dan akhirnya kami melakukan revisi pada aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan, beserta dengan requirement [kebutuhan] tambahan dari aplikasi tersebut.
Dengan adanya perubahan pada aplikasi, secara otomatis database yang sudah diinput juga harus diubah [update]. Jadi kami melakukan update data yang sudah ada di dalam database.

3.1.3. Hasil
Berikut ini adalah printscreen hasil dari aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan yang telah kami buat.
a. Home






b. Admin






c. Search






d. Show



e. About Us






f. Insert






g. Update






h. Delete






i. Tabel “admin”



j. Tabel “tabel”







k. Data dalam excel







IV. PENUTUP
Kegiatan geladi ini, memberi kami kesempatan untuk dapat mengetahui pekerjaan sesungguhnya di lapangan serta beradaptasi dengan para pegawai senior, asisten manager serta manager. Banyak pengetahuan yang belum pernah kami dapatkan diperkuliahan baik secara teori maupun secara praktek. Hal ini disebabkan pada umumnya diperkuliahan kami hanya menerima penjelasan dari dosen dan kami lebih sering bergaul dengan teman sebaya. Sedangkan di lapangan dituntut untuk mampu mengolah, menganalisa, bahkan memutuskan sendiri tentang apa yang dilakukan serta bersikap sesuai etika yang berlaku pada suatu perusahaan. Kegiatan geladi ini juga melengkapi kegiatan proses belajar yang didapat di bangku kuliah karena banyak mata kuliah yang dapat diaplikasikan selama kegiatan geladi ini berlangsung. Kami berharap perpaduan antara teori dan praktek yang telah penulis peroleh akan memacu jiwa dan mental penulis agar senantiasa siap menghadapi kondisi lapangan yang selalu berubah.
Setelah enam minggu melaksanakan kegiatan geladi di Telkom Kandatel Jakarta Barat, maka penulis dapat memberikan beberapa kesimpulan dan saran.

4.1. Kesimpulan
Kesimpulan dari pelaksanaan Geladi di Kandatel Telkom Jakarta Barat adalah dapat mengetahui sebagian sistem kerja yang ada di Kandatel Jakarta Barat sesuai dengan bagian kami ditempatkan, yaitu General Support (GS) lantai 6.
Pada bagian GS mendapatkan pengalaman praktek langsung bagaimana membuat suatu aplikasi untuk mengolah data pengadaan barang sekaligus mengadakan presentasi dihadapan ass.Manager dan beberapa karyawan. Serta memberikan laporan.
Praktek Geladi yang bernilai 2 sks ini sangat bermanfaat sebagai pengalaman kerja dan sumber pengetahuan baru. Peserta geladi dapat menerapkan ilmu yang sudah di dapatnya atau bahkan mendapatkan pelajaran yang tidak diberikan di bangku perkuliahan yang diantaranya adalah soft skill. Kami pun dapat merasakan bagaimana suasana dunia kerja yang sangat berharga bagi kami nantinya di masa depan.

4.2. Saran
1. Tidak tersedianya kursi dan meja khusus untuk peserta geladi, sehingga harus duduk dikursi rapat.
2. Kurang Tersedianya fasilitas untuk mengerjakan tugas yang diberikan, harus membawa laptop sendiri.
3. Terjalinnya komunikasi yang baik antara IT Telkom dengan pihak Kandatel mengenai tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh para peserta geladi.

andrew eryawan ahmad rifki

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar